Tutorial Menggunakan HP Android untuk Pemula 2


Di posting Sebelumnya saya sempat memposting Tutorial Menggunakan Handphone Android Bagian 1, saatnya melanjutkan tutorial cara menggunakan handphone Android Anda :

4. Cara Membuka Notification Panel
Setiap ada email, SMS, pesan YM, Facebook, Informasi file transfer yang sedang berlangsung, dan lain-lain akan diinformasikan melalui panel notifikasi (Notification Panel). Untuk membuka panel notifikasi dapat dilakukan dengan cara menyentuh dan tahan bagian atas layar HP (bagian dimana terlihat status baterai, status sinyal, dll) setelah itu geser notification panel ke arah bawah hingga terbuka.
Pada beberapa tipe HP Android, anda dapat membuka panel notifikasi dengan cara tombol HOME > tekan tombol MENU >  pilih “Notifications” atau “Notifikasi”.
Cara Menggunakan Handphone Android untuk Pemula

5. Cara Mengubah Bahasa Handphone Android
Untuk mengubah bahasa pada menu, yang harus anda lakukan adalah pergi ke layar utama dengan menekan tombol HOME > tekan tombol MENU > pilih Settings (Pengaturan) > pilih “Language & Keyboard” (Bahasa & Keyboard) setelah itu anda dapat mengganti bahasa hp Android dengan cara menyentuh “Select Locale” (Pilih Tempat) / Select Language (Pilih Bahasa). Catatan: tidak semua handphone Android tersedia pilihan Bahasa Indonesia.

6. Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar (Brightness)
Tekan tombol HOME > tekan tombol MENU > pilih Settings (Pengaturan) > Display (Tampilan) > Brightness (kecerahan) > atur tingkat kecerahan yang diinginkan. Bila handphone Android memiliki sensor cahaya, Anda dapat mengatur agar handphone dapat mengatur tingkat kecerahan secara otomatis ketika Anda berada di dalam ruangan atau berada di luar ruangan. Caranya adalah dengan mencentang pilihan Automatic Brightness (kecerahan otomatis).

7. Cara Melakukan Panggilan Telepon Android
Untuk melakukan panggilan telepon, anda perlu menekan gambar “Gagang Telepon” pada layar utama lalu tekan nomor tujuan setelah itu tekan tombol call yang biasanya berlatar belakang warna hijau.
Untuk melakukan panggilan melalui daftar telepon yang perlu anda lakukan adalah pergi ke aplikasi contacts atau phonebook atau buku telepon (tergantung jenis dan tipe handphone Android Anda) setelah itu cari nama orang yang hendak anda hubungi dengan cara menekan tombol MENU lalu pilih “Search” lalu ketikkan nama orang yang dicari. Setelah menemukannya, silahkan sentuh di nama orang tersebut dan pilih Call.

8. Cara Menerima Panggilan Telepon Android
Untuk menerima panggilan telepon, hampir sama caranya seperti Unlock Screen (membuka tombol kunci). Anda harus menyentuh dan menahan ikon bergambar gagang telepon atau bertuliskan “Answer Call” dan geser ke kanan ketika ada telepon masuk.

9. Cara Mematikan Panggilan Telepon yang Sedang berlangsung
Banyak handphone Android yang tidak dilengkapi dengan tombol untuk mengakhiri telepon (End Button), jadi untuk mengakhiri telepon yang harus dilakukan adalah membuka “notification panel” setelah itu anda dapat mengakhiri telepon dengan cara menekan tombol gagang telepon berwarna merah (End Call).

10. Cara Sign In (masuk) ke Akun Google
Untuk dapat menggunakan semua fitur yang terdapat pada handphone Android, pengguna diharuskan untuk memiliki dan sign in ke akun Google. Caranya tekan tombol HOME > tombol MENU > pilih Settings (pengaturan) > Accounts & sync (akun & sinkronisasi) > add account (tambah akun) > setelah itu ikuti langkah-langkahnya. Bila Anda belum memiliki akun Google, bisa juga langsung melakukan pendaftaran melalui menu ini.
Bila Anda kesulitan untuk melakukan pendaftaran, disarankan untuk melakukan pendaftaran menggunakan komputer terlebih dahulu. Misalnya melalui website gmail.com. Setetelah selesai mendaftar, baru sign in menggunakan handphone Android.

11. Cara Mengaktifkan Aplikasi Android
Untuk mengaktifkan aplikasi Android anda hanya perlu pergi ke daftar aplikasi yang terinstall pada HP Android atau biasa disebut app drawer atau application drawer dengan menyentuh ikon app drawer (lihat Gambar 1.) di home screen halaman utama (contoh ikon app drawer dapat dilihat pada gambar diatas). Setelah itu untuk menjalankan aplikasi, anda hanya perlu menyentuh ikon aplikasi pilihan anda.

12. Cara Mematikan Aplikasi Android
Apabila anda tidak dapat menemukan tombol exit pada aplikasi yang sedang berjalan, maka untuk mematikan aplikasi Android, anda harus menekan tombol MENU terlebih dahulu lalu cari menu exit. Beberapa aplikasi Android tidak dilengkapi dengan tombol Exit. Untuk aplikasi-aplikasi Android yang tidak dilengkapi dengan tombol exit, anda dapat menekan tombol BACK sampai keluar dari aplikasi atau Anda dapat menekan tombol Home agar aplikasi berjalan di ­background.

13. Cara Menaruh Aplikasi Favorit di Layar Utama
Untuk meletakkan ikon aplikasi favorit atau yang sering digunakan di layar utama, yang harus anda lakukan adalah pergi ke App Drawer lalu sentuh dan tahan aplikasi yang dipilih dan secara otomatis tampilan layar akan berubah menjadi layar utama, setelah itu lepaskan. Jika ingin mengatur posisi ikon aplikasi, anda hanya cukup menyentuh dan tahan ikon aplikasi hingga terlihat seperti “melayang”, setelah itu ikon dapat digeser ke posisi yang diinginkan.
Cara Menggunakan Handphone Android untuk Pemula

14. Cara Mengaktifkan Widget di Layar Utama
Apa itu Widget Android? Widget Android adalah semacam aplikasi yang dapat ditempatkan di layar utama handphone atau tablet Anda. Widget hampir sama seperti Ikon (shortcut) Aplikasi, namun bedanya Widget memiliki tampilan yang lebih interaktif atau dapat berubah-rubah dan dapat langsung digunakan (tidak perlu membuka aplikasi terlebih dahulu).
Selain itu, tidak semua aplikasi Widget dapat anda temukan di daftar Aplikasi atau di App Drawer, jadi untuk mengaktifkannya harus melalui layar utama. Contoh widget adalah Widget Facebook yang menampilkan tulisan status terakhir dari teman anda, atau Widget APN On-Off yaitu widget untuk mematikan koneksi internet Android yang dapat berubah warna untuk menunjukkan internet aktif atau sedang tidak aktif.
Untuk mengaktifkan widget, yang perlu anda lakukan adalah menyentuh tombol HOME > pada layar utama SENTUH DAN TAHAN layar > pilih WIDGETS, setelah itu anda cukup mencari Widget yang ingin anda aktifkan.

15. Cara Menghapus Ikon / Widget Aplikasi Dari Layar Utama
Untuk menghilangkan ikon aplikasi atau widget dari layar utama yang harus anda lakukan adalah sentuh ikon aplikasi, tahan, jangan dilepas sambil di geser ke arah “tong sampah” Hal ini tidak akan menghapus program atau uninstall aplikasi, hanya menghapus ikonnya saja di layar utama. Anda tetap dapat menemukan ikon aplikasi di app drawer.

0 comments:

Post a Comment