Install Custom ROM CyanogenMod 7.2.0-RC0 di Galaxy 5



Setelah sekian lama menggunakan operating sistem Android 2.2 (Froyo) pada Galaxy 5, akhirnya saya putuskan meng-upgrade ke Android 2.7.3 (Gingerbread) menggunakan ROM Cyanogenmod 7.2.0-RC0 v1.8 yang di kembangkan oleh member forum xda-developers. Dan hasilnya semua hardware berjalan dengan sempurna, tidak seperti pada ROM versi terdahulu yang masih bermasalah dengan tidak berfungsinya radio seperti semestinya. Cyanogenmod versi 7.2.0-RC0 merupakan update ROM terbaru berbasis pada Android 2.3.7 yang di port untuk smartphone Samsung Galaxy 5. 

Bagi Anda yang juga mempunyai Smartphone Samsung Galaxy 5 dan ingin beralih ke Android Gingerbread ? mungkin bisa mengikuti hasil  uji coba saya pada postingan kali ini. 

1. Download software yang dibutuhkan dan simpan semuanya dalam satu folder.

-  Odin Multi Downloader  odin v4.28 and ops file.zip
-  ClockworkMod Recovery   ClockworkMod-Galaxy5-v0.7.tar
-  ROM Cynogenmod 7  update-cm-7.2.0-RC0-galaxy5-v1.8-MADTEAM-signed.zip 
-  Hotfix  galaxy5-v1.8-hotfix1.zip
-  Google Apps Version CyanogenMod 7 gapps-gb-20110828-signed.zip

2. Setelah semua files selesai didownload, selanjutnya ekstrak file odin v4.28 and ops file.zipsehingga nantinya muncul 2 file yaitu EUROPA_I5508_v1.0.ops dan Odin Multi Downloader v4.28. Kemudian copy-kan file update-cm-7.2.0-RC0-galaxy5-v1.8-MADTEAM-signed.zipgalaxy5-v1.8-hotfix1.zip dan gapps-gb-20110828-signed.zip ke dalam sdcard dan letakkan diluar folder

3. Pastikan Anda telah menginstall driver perangkat Samsung Galaxy 5, kemudian  sambungkan  Galaxy 5 ke PC/Laptop menggunakan  kabel USB. Setelah itu buka aplikasi Odin Multi Downloader v4.28,  pada menu Odin pastikan pengaturanya seperti berikut :

Pada bagian select OPS,  pilih file EUROPA_I5508_v1.0.ops hasil download sebelumnya.
Pada bagian select Integrate Package-Check One Package Options, pilih file ClockworkMod-Galaxy5-v0.7.tar.
                                                              Aplikasi Odin Multi Downloader


Sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya, pastikan dulu bahwa data pada Smartphone Samsung Galaxy 5 Anda benar-benar sudah dibackup sepenuhnya.

4. Langkah selanjutnya matikan Samsung Galaxy 5, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol Volume Down + Home + Power dilakukan secara bersamaan. Nantinya akan muncul  pemberitahuan Downloading... pada layar Galaxy 5, ini artinya Anda aktif pada mode recovery bawaan Android. Kembali ke Odin untuk memulai proses upgrade ROM dan klik Start. Setelah melewati layar Downloading gunakan tombol Home untuk memilih pilihan yang tersedia.




5.  Pada mode recovey, pilihlah wipe data/factory reset,  ini berarti semua data Anda akan dihapus. Selanjutnya pilih install update from sdcard>choose zip from sdcard> update-cm-7.2.0-RC0-galaxy5-v1.8-MADTEAM-signed.zip>Yes. Tunggu hingga muncul pesan Installation Complete. Kemudian lanjutkan dengan menginstall Hotix, pilih install update from sdcard>choose zip from sdcard >galaxy5-v1.8-hotfix1.zip>Yes. Tunggu hingga muncul pesan Installation Complete. Langkah terakhir adalah menginstall Google Apps Version CyanogenMod 7, pilih install update from sdcard>choose zip from sdcard >gapps-gb-20110828-signed.zip.Yes. Tunggu hingga proses installasi complete dan pilih reboot now. Sampai disini proses upgrade ROM CyanogenMod7 selesai sudah, saat ini Anda sudah dapat mencicipi Roti Jahe ala CyanogenMod :D

Berikut Sceenshot Smartphone Samsung Galaxy 5 saya :

Bagi Anda yang kesulitan memahami langkah demi langkah, silahkan menonton video tutorial berikut ini : 



Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang tentang custom ROM Cyanogenmod 7, silahkan merujuk langsung ke website resmi cyanogenmod atau bisa ke  addictivetips.com. Sekian dulu sedikit hasil uji coba saya, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang masih ragu ataupun kebingungan untuk mencoba Custom ROM CyanogenMod untuk Galaxy 5.

0 comments:

Post a Comment