Setting Wireless Adaptor Sebagai Hotspot Wi-Fi Pada Windows 7

Ingin membuat Hotspot area di rumah, tetapi tidak punya Wireless Router device? Don’t worry be happy, jika anda menggunakan Windows 7 dan PC atau laptop-mu di lengkapi dengan Wireless Adapter, anda dapat memanfaatkannya untuk difungsikan sebagai Wirelesss Router.


Berikut cara Setting Wireless Adaptor Sebagai Hotspot Wi-Fi pada Windows 7.
Caranya gampang, pertama download aplikasi Connectify ukuran filenya sekitar (2.3MB) di sini atau copykan link berikut ke dalam browser andahttp://www.connectify.me/


Connectify sendiri sebenarnya memanfaatkan sebuah kelebihan dari Windows 7 yang di sebut dengan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Jika laptop atau PC anda sudah di lengkapi dengan Wireless Adapter, otomatis Windows 7 akan menciptakan sebuah Virtual WiFi Adapter.





Karena Connectify memanfaatkan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter dan tidak menggunakan Wireless adapter maka anda tetap bisa menggunakan Wireless adapter untuk konek ke Wireless Router Device dan menggunakanConnectify sebagai Wi-Fi Hotspot tanpa saling menganggu.


Mulai sekarang untuk sharing internet di rumah menjadi pekerjaan gampang, anda bisa konek ke internet melalui ISP kesayanganmu, kemudian anda tinggal mengaktifkan aplikasi ini selanjutnya saudara anda dapat konek ke komputermu.


Cara pangaturan Connectify ini, pada contoh ini konek ke internet dengan menggunakan Wireless adapter dan kemudian mensharingnya menggunakan Connectify.
  1. Install terlebih dahulu aplikasi Connectify, caranya double klik pada file ConnectifyInstaller.exe yang sudah di download. Kemudian setelah connectify selesai di install akan muncul sebuah Wizard untuk melakukan pengaturan, muncul halaman Welcome langsung klik tombol Next.

  2. Kemudian muncul halaman Network name, Network name di sini adalah Service set identifier (SSID) atau mudahnya sebagai nama Access Point anda. Ketikan nama SSID nya sesuka anda, contoh “wifiku” kemudian klik tombol Next.

  3. Muncul halaman Password, password disini berfungsi untuk melindungi agar tidak sembarang orang bisa konek ke jaringanmu, jadi untuk dapat konek ke Wi-Fi Hotspot-mu selain mengetahui SSID juga harus mengetahui password-nya. Masukan password, contohnya “galaxy”kemudian klik tombol Next.

  4. Muncul halaman Share Connection, di sini anda harus menentukan jaringan mana yang akan di pakai untuk akses internet. Dalam hal ini kita contohkan konek internet menggunakan Wireless Adapter saya pilih WLAN atau kalau anda connect ke internet via LAN silahkan pilih LAN kemudian klik tombol Next.

  5. Setelah SSID,Password dan sharing connection kita isi, berarti pengaturan connectify sudah selesai, kemudian akan muncul halaman Complete, centang Start Hotspot after closing wizard untuk mengkatifkan Wi-Fi Hostpot, kemudian klik tombol Finish.

  6. Anda bisa mengetahui Connectify dalam keadaan aktif, apabila tampilan connectify ada tombol Stop Hotspot yang aktif, itu berarti Wifi Hotspot anda sudah aktif, yang artinya internet anda juga sudah di share dan anda bisa connect internet dari komputer lain menggunakan hotspot yang tadi dibuat.
  7. Sekarang salah satu komputer anda sudah menjadi WIFI hotspot. Dan setelah Wi-Fi hotspot aktif selanjutnya kita berpindah ke Laptop atau PC client untuk mencoba koneksi. Klik pada Network tray Wi-Fi hotspotwifiku sudah di kenali jika belum muncul namanya coba klik refresh. Untuk konek klik wifiku kemudian klik tombol Connect.

  8. Selanjutnya akan muncul halaman Security Key, masukan password “galaxy” seperti password yang kita masukkan di pengaturan awal, kemudian klik tombol OK.

  9. Selanjutnya pada Network tray anda bisa melihat, bahwa anda telah berhasil konek ke wifiku. Untuk mencoba akses internet anda bisa coba untuk browsing internet.

0 comments:

Post a Comment